E-Business




E-business merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan dengan memanfaatkan komputer dan internet. Kegiatan E-business juga memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-bussiness saat ini banyak digemari karena lebih efisien dan efektif serta meningkatkan produktivitas dan keutungan bagi produsen maupun konsimen. Oleh karena itu, e-bussiness saat ini makin berkembang pesat. Terdapat lima kemungkinan bentuk hubungan bisnis berdasarkan transaksinya, yaitu :
1.         Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
2.         Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha bisnis dengan konsumen)
3.         Consumer to Consumer (perdagangan antar konsumen yang satu dengan konsumen yang lain)
4.         Consumer to Business (perdagangan antar konsumen dengan pelaku bisnis atau perusahaan)
5.         Intrabusiness e-business (perdangan dalam lingkup intranet perusahaan yang melibatkan pertukaran barang, jasa, dan informasi.

Terdapat empat tahap pemanfaatan jaringan komputer dan internet untuk tujuan e-business, di mana terjadi transformasi perusahaan tradisional ke e-business, antara lain :
1.         Mendayagunakan komputer
2.         Mendayagunakan jaringan dan internet (seperti email, chat messanger, IRC, dll,.)
3.         Membangun dan mendayagunakan web
4.         E – commerce

Keuntungan menggunakan e-bussines bagi perusahaan
1.         Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global.
2.         Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas (paperbased information).
3.         Memungkinkan perusahaan untuk menerapkan mass customization terhadap produk dan jasanya.
4.         Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa.
5.         Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis.
6.         Menekan biaya telekomunikasi.

Keuntungan menggunakan e-bussines bagi konsumen
1.         Memungkinkan konsumen berbelanja atau melakukan transaksi lainnya setiap saat (24 jam sehari) dan dari hampir semua lokasi.
2.         Memberikan pilihan produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan.
3.         Memungkinkan konsumen dalam mendapatkan produk dan jasa yang lebih murah, karena konsumen bias berbelanja di banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
4.         Dalam beberapa kasus, terutama produk yang terdigitalisasi, e-business memungkinkan pengiriman produk secara cepat dan real-time.
5.         Memungkinkan pelanggan untuk berpartisipasi dalam lelang virtual.
6.         Memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan pelanggan lainnya dalam electronic communities dan saling bertukar gagasan serta pengalaman.

Kerugian menggunakan e-bussines
a.         Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Misalnya seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
b.         Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
c.         Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
d.         Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
e.         Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
f.          Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.






www.budiluhur.ac.id
fti.budiluhur.ac.id

Comments

Popular posts from this blog

E-Commerce

E-Goverment